Belum Terbantu

Bismillahirrohmanirrohim..

Tak terasa sudah 8 bulan blog ini saya buka, yang sejak awal berniat untuk menjadikan blog ini sebagai sarana saling bantu bagi saudara-saudara kita yang terjerat dalam masalah ekonomi khususnya menyangkut masalah hutang. Banyak sekali komentar dan email yang masuk yang pada intinya ingin terlepas dari masalah ekonomi. Pada postingan perdana saya (masih tetap “perdana” hingga saya tulis halaman ini) saya tidak menyangka mendapat sambutan yg luar biasa dari para pembaca dan juga sekaligus prihatin ternyata banyak sekali saudara2 kita yg membutuhkan bantuan dalam masalah ekonomi terutama hutang yang sangat memberatkan.

Lalu bagaimana kelanjutannya, kok sepertinya Ki Joko Sasongko (selaku penulis blog) sudah tidak mengurusi blog ini..??
Apakah hanya awal-awal saja blog ini membantu, setelah itu blog ini mati karena saya telah menuliskan permohonan bantuan sudah lama sekali namun tidak ada tanggapan..???
Bagaimana dengan nasib kami yang membutuhkan bantuan dalam permasalahan perekonomian dan terjerat hutang..???

Baik saya akan jawab, tapi sebelumnya anda bisa melihat gambar dibawah ini yg saya ambil dari screenshot Dasboard blog ini :

screenshot_dasbor_blog_ki_joko

Jumlah Pemohon Dana Hibah Gaib Tanpa Mahar di Blog ini.

Screenshot ini diambil seminggu yang lalu, di situ tampak 1 postingan pertama dengan komentar (permohonan) sebanyak 4.425 dan yang sedang saya moderasi sebanyak 4.153 komentar (permohonan). Itu artinya komentar (permohonan) yang saya tampilkan hanya 266 seperti anda lihat saat ini.

Mungkin anda bingung dengan penjelasan di atas..?? Baik begini mudahnya. Sebenarnya semenjak awal dibuatnya blog ini hingga saya ambil gambar dashboard di atas sudah ada 4 ribu lebih orang yang meminta bantuan. Semuanya sedang di uji dalam masalah ekonomi dan hutang, tentunya sangat berharap dibantu Kyai Abdul Hasan Markawi untuk penyeleseian masalah-masalahnya. Namun seperti yang dijelaskan, dalam halaman harap dibaca bahwa beliau hanya bisa membantu satu dua orang saja. Karena keterbatasan itulah mengapa saya benar2 memilih siapa yang layak dan bisa dibantu oleh beliau diantara ribuan pemohon tersebut.

Oh, jadi selama ini permohonan bantuan yang saya tulis di kolom komentar tidak hilang tapi dimoderasi..
Tapi kenapa mesti dimoderasi segala..???
Lalu apa kriteria agar bisa dibantu beliau,..???
Padahal saya benar2 membutuhkan dan dalam keadaan sangat mendesak..

Oke, saya jawab mengapa saya memoderasi (tidak menampilkan) permohonan bantuan anda pada kolom komentar. Anda bisa lihat bahwa dalam 1 saja postingan awal blog ini telah terdapat lebih dari empat ribu komentar  dan akan terus bertambah seiring permohonan bantuan kepada beliau. Hal ini yang saya khawatirkan justru malah akan dianggap hal yang tak wajar seperti mengikuti kontes SEO oleh pihak WordPress yang pada akhirnya akan berujung pemberian sangsi bahkan suspend pada blog ini karena melanggar TOS yang telah ditentukan.

Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah sebagian besar pemohon menceritakan permasalahan pribadinya sekaligus dengan memberikan identitas dan nomer HP/Telp/email yang dapat dihubungi. Untuk menjaga privacy/kerahasiaan tiap pemohon sekaligus mencegah dari hal2 yg tidak di inginkan (penipuan), maka saya memoderasi tiap komentar dan hanya menampilkan yang telah mendapat persetujuan dari yang bersangkutan.

Untuk pertanyaan terakhir, kriteria saya dalam menentukan siapa yang layak dibantu beliau untuk mendapatkan dana hibah tanpa mahar adalah:

  1. Niat dan tujuan yang baik, bukan untuk maksiat dan segala hal yang melanggar norma2 agama dan kesusilaan.
  2. Bersungguh-sungguh dan punya kemauan keras, jadi bagi yang suka bilang “Ki..saya di rumah saja, nanti uang hibahnya langsung kirim ke rekening saya”. Maka untuk yg seperti ini saya bantu doa saja. Bukan karena tidak mau bantu namun alangkah baiknya saat niat ikhlas tanpa meminta mahar atau apapun juga dibarengi dengan kesungguhan anda.Bukankah lebih baik memberikan “kesempatan terbatas” ini bagi orang lain yang benar2 membutuhkan dan mau berusaha keras.
  3. Serius, tidak main2 (cuma iseng).
  4. Jujur, jangan mengada-ngada dalam menuliskan permohonan dan ini poin utama saya menilai.

Untuk semua permohonan yang anda tulis dalam kolom komentar ataupun email walaupun tidak saya moderasi, namun tetap saya baca dan analisa masalah anda satu persatu untuk saya seleksi siapa yang dapat di bantu oleh beliau. Bagi yang belum terbantu saya benar2 minta maaf. Pada postingan2 selanjutnya akan saya coba membantu dengan jalan lain untuk masalah2 yang anda hadapi. Terima kasih..

3 Balasan ke Belum Terbantu

  1. noegroho ari anggoro berkata:

    ass wr wb, ki joko santoso
    mohon bs dibantu penyelesaian permasalahan keuangan saya, dimana saya diuji dengan masalah hutang. Saya berharap sekali dapat dibantu untuk penyelesaian hutang hutang saya dengan dana hibah gaib tersebut. Saya punya niatan dengan bantuan dana tersebut saya bs menyelesaikan hutang hutang dan saya dapat melaksanakan umroh dan haji bersama keluarga maupun orang tua saya, modal usaha serta dapat membantu anak yatim dari pengelolaan dana yang saya peroleh.
    Semoga permohonan saya ini bs dikabulkan.
    Wass wr wb

  2. Moh misbakhul ulum berkata:

    Assalammualkum ki,
    Sya minta bantuan sma kyai sebgy lantara untuk menyelesain maslh kehidupan ekonomi sy dan kluarga sya
    Sya anak pertama dn umur sya 25 th,
    Adik sya umur 12 th
    Selma 10 th lebih sya menjadi tulang punggung keluarag, menghidupi ibuk dan ade sya,
    Ibuk sya cuma bisa kerja smbilan bikin kue meski sedikit, karna ibuk sya sering saki” an
    Sedangkan sy kerja di malaysia jdi tki, penghasilan cukup bwat makn sehari” dan keluarga.
    Sya punya hajat, ingin punya usha di indonesia ,
    Ingin bukak jualan baju butik / distro,,
    Supaya gc di mlasia lgi, dan bisa kumpul sma krluarga
    Makasi ya ki mohon bantuan nya
    Wasslammm

  3. edi suhaendi berkata:

    Asalamuslsikum

    Mohon bantusnya bapa, saya ingin keluar dari masalah yang saya hadapi, yang mungkin masalah yang sekarang saya alami adalah keuangan, saya ingin sekali membahagiakan kedua orang tua saya, mohon bantuanya untuk dana hibah bapak, biar saya bisa memulai hidup baru.

    Terimakasi
    Asalamulaikum wr wb

Silahkan Ceritakan Masalah Anda dan bila ingin menghubungi admin blog ini silahkan tinggalkan no HP. Kami tidak mempublikasikan komentar yg disertai no HP untuk menjaga kerahasiaan anda.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s